Selasa, 31 Oktober 2017

Pastikan, Kamu Tau Tips Memilih Hosting Untuk Pemula Ini!

Image result for Tips Memilih Hosting

jasa pembuatan website di jakarta selatan - Memilih situs hosting, seperti memilih rumah untuk website kita. Sebelumnya beli rumah di sunia riil, pasti beberapa hal yang perlu kita pikirkan.

Pun, dengan rumah untuk webite kita. Menjatuhkan pilihan pada satu provider situs hosting, pasti bukanlah perkara mudah. Terlebih, untuk kita yang masih tetap pemula tentang hal tehnis dunia perhostingan. Berikut ini adalah beberapa tips memilih hosting, terlebih untuk kita yang masih tetap pemula.

1. Cocokkan dengan kemampuan dan resource yang kita butuhkan 

Tips memilih hosting yang pertama yaitu, katahui terlebih dulu keperluan resource website kita seperti apa. Setelah itu, mencari paket layanan yang sesuai sama keperluan website kita.

Sebelumnya, apa yang disebut resource website yang kita perlukan di atas?

Resource bermakna sumber daya situs hosting, sebagai area untuk menyimpan website kita di internet. Resource itu diantaranya, diskspace (space penyimpanan data website), RAM, EP, dan I/O.

Diskspace 
Pilih paket situs hosting yang memiliki kemampuan diskspace yang sesuai sama keperluan website kita. Terkecuali jumlah kemampuan yang perlu sesuai, type media penyimpanannya pun tidak bisa luput dari perhatian. Alih – alih memilih HDD, lebih baik memakai situs hosting yang telah memakai SSD. Karena, SSD dapat dibuktikan 8 kali lebih cepat dari HDD.

Tidak ada kelirunya juga coba tehnologi penyimpanan paling baru seperti, NVMe. Lebih baik dari SSD, NVMe Saat ini sudah ada cloud hosting memakai tehnologi penyimpanan NVMe yang terjangkau dari Jagoan Hosting.

Random Access Memory (RAM) 
Bila diskspace adalah area untuk menyimpan tetaplah dari sebuah file hosting, maka RAM yaitu sebuah area untuk menyimpan file sementaranya. Makin besar RAM, maka juga akan makin cepat, situs hosting mengolah akses website kita.

Bandwidth 
Pilih hosting yang sediakan bandwidth yang besar, bahkan juga unlimited. Jika bandwidth yang disiapkan besar, maka website juga akan ter-load lebih cepat karena server dapat mentransfer data yang semakin besar setiap detiknya.

Hal semacam ini tidak buat data transfer jadi besar, karena jumlah dari data transfer bergantung pada jumlah pengunjung website dan ukuran file website kita (termasuk gambar, audia, video dan lain-lain). Semakin besar angka pengunjung, semakin besar jumlah data yang ditransfer dari website Kamu maka semakin besar juga data transfernya.

Entry Process (EP) 
Entry Process (EP) adalah tolak ukur untuk mengkalkulasi banyak script website yang diolah situs hosting dalam satu waktu. Unit waktu yang dipakai yakni millisecond. Misalnya, untuk paket Cloud Hosting NVMe : SUPERSTAR memiliki 170 EP, berarti kurun waktu 1 millisecond, hosting itu dapat mengolah 170 script website.

I/O 
Spesifikasi situs hosting setelah itu yang tidak bisa ketinggal yaitu I/O atau Input Output. I/O memastikan seberapa cepat pload dan unduh situs hostingmu.

2. Pilih tempat server yang sesuai 

Saat ini banyak provider situs hosting yang tawarkan pilihan tempat server sesuai keperluan website. Seperti, server Indonesia, server US, dan lain-lain. Penentuan tempat server ini sebaiknya sesuai dengan tujuan pasar/tujuan pengunjung website kita.

Jika tujuan pengunjung utama website kita adalah pengunjung dalam negeri, maka lebih baik memilih situs hosting server Indonesia. Sebaliknya, jika tujuan pengunjung utama website kita adalah pengunjung luar negeri, maka tidak ada kelirunya coba situs hosting server US.

3. Perhatikan juga ketetapan bandwidth yang ditawarkan 

Sebelumnya, apakah itu bandwidth? Secara singkat, bandwidth yaitu besarnya nilai transfer data dalam hitungan bit/detik atau bit per second (bps). Jika bandwidth yang disiapkan besar, maka website juga akan ter-load lebih cepat karena server dapat mentransfer data yang semakin besar setiap detiknya.

4. Harga yang bersahabat 

Tidak dapat disangkal, harga yang di tawarkan jadi salah satu tips memilih hosting yang tidak bisa lewatkan. Seperti kata pepatah yang sering kita dengar di orang-orang, harga memastikan kwalitas, terkadang tidak seutuhnya benar.

Jadi konsumen, pasti kita ingin memilih situs hosting murah dan berkwalitas, bukan? Karenanya, perhatikan spesifikasi dan harga yang di tawarkan, agar kita memperoleh situs hosting dengan kwalitas sempurna, tetapi dengan harga yang masih tetap terjangkau.

5. Service yang senantiasa siap sedia juga jadi salah satu point utama 

Service jadi salah satu point tips memilih hosting yang termasuk vital. Pikirkan, jika website kita tiba -tiba tidak bisa dibuka, pasti hal itu menggelisahkan, bukan? Terutama jika Customer Service provider situs hosting slow respond, bahkan juga susah untuk dihubungi. Oleh karenanya, pilih provider situs hosting yang memiliki Customer Service yang siap siaga selama 24 jam dalam 7 hari. Hingga, kapanpun kita memerlukan pertolongan, mereka senantiasa ada 🙂

Point service ini terkadang erat hubungannya dengan harga yang di tawarkan. Karena, sering didapati juga banyak provider situs hosting yang tawarkan harga terjangkau, tetapi dengan service yang seadanya. Jadi, wapadalah! 😀

6. Mencari juga melalui referensi 

Jadi seseorang pemula, tidak ada kelirunya juga mencari referensi provider situs hosting berkwalitas. Referensi ini dapat kita cobalah susuri dari rekan yang telah sempat beli situs hosting, komunitas diskusi situs hosting didunia maya atau testimonial pelanggan.

7. Janganlah lupa untuk memperhitungkan garansi yang mereka beri 

Menjatuhkan pilihan pada salah satu provider situs hosting, bermakna memercayakan data website bahkan juga bisnis kamu pada mereka. Karenanya, yakinkan website kamu pada provider situs hosting yang terpercaya.

Terlebih, jika mereka dapat berikan jaminan keamanan, sampai uptime. Hingga, data website kamu senantiasa aman dan dapat selalu dibuka. Pun, ketika terjadi sebuah masalah, mereka dapat berikan garansi sesuai apa yang dijanjikan.

Lihat juga : jasa pembuatan website jakarta timur

Nah, tersebut beberapa tips memilih hosting, terutama untuk kita yang masih tetap pemula. Karena, memilih situs hosting paling baik memang tidak bisa asal-asalan. Terutama untuk seseorang pelaku bisnis muda, situs hosting paling baik adalah salah satu hal penting juga untuk mendukung bisnis kita.

0 komentar:

Posting Komentar